Minggu, 04 Januari 2015

Intraclass Correlation Coefficient – ICC

Koefisien korelasi intra-kelas (intraclass correlation coefficient, ICC) digunakan untuk menilai reliabilitas antar dua atau lebih pengamat, maupun test-retest reliability. Intinya, ICC adalah rasio antar varians antar kelompok dan varians total. Varians total berasal dari 3 sumber: (1) pasien; (2) pengamat; dan (3) random error (residual error). Jika variasi pengamat diasumsikan random, maka rumus ICC:

ICC-1
di mana varians (σ2) adalah ukuran variasi, subskrip s = subjek (pasien); o= pengamat; e= random error. Bila variasi pengamat diasumsikan fixed, maka variasi pengamat tidak diperhitungkan dalam menghitung variasi total.
Contoh sebuah studi menilai reliabilitas pengukuran depresi pada 5 pasien yang dilakukan oleh 3 pengamat. Skor depresi pasien berkisar dari 0 (tidak depresi) hingga 9 (depresi berat). Hitung intraclass correlation coefficient. Perhatikan, sumber variasi nilai berasal dari 2 pihak, yakni antar pasien dan antar pengamat. Kedua sumber variasi tersebut akan diperhitungkan dalam menilai reliabilitas pengukuran. Dengan demikian model yang digunakan untuk menilai reliabilitas adalah Two- Way ANOVA (ANOVA Dua Arah)








Variasi pengukuran yang berasal dari pengamat diasumsikan “random”. Sumber-sumber variasi tersebut kemudian dipartisi menjadi 3 bagian: pengamat, pasien, dan residual, dan dikuantifikasi dalam bentuk “Sum of Square (SS)”:
SSTotal = SSPasien+ SSPengamat+ SSError
Jika variansi PENGAMAT DIASUMSIKAN FIXED, maka perhitungan SS-total menjadi :
SSTotal = SSPasien+ SSError

Perhitungan SUM OF SQUARE (SS) dengan memperhitungkan variansi PENGAMAT :









Perhitungan Two Way Anova















 Perhitungan Variansi Berdasarkan 3 Sumber Keragaman










 Perhitungan Interclass Corelation Coefisient Dengam Memperhatikan Variansi Pengamat




Artinya, 76 persen dari variasi skor depresi berasal dari variasi sesungguhnya antar pasien. Sebesar 24 persen variasi skor depresi berasal dari variasi antar pengamat dan residual error.


Jika variasi pengamat diasumsikan fixed, maka variasi pengamat tidak diperhitungkan dalam denominator rumus:





Artinya, 90 persen variasi skor depresi berasal dari variasi antar pasien. Alat ukur memiliki stabilitas memadai jika ICC antar pengukuran >0.50, stabilitas tinggi jika ICC antar pengukuran ≥ 0.80 (Streiner dan Norman, 2000; Polgar dan Thomas, 2000).

Sumber Referensi : Validitas & Reliabilitas Pengukuran, Prof Bhisma Murti, dr, MPH, MSc, PhD, UNS





0 komentar:

Posting Komentar

Silahkan cantumkan alamat email atau CP anda jika ingin komentar dan tertarik untuk mengikuti pelatihan statistik, agar secepatnya dapat kami jawab pertanyaan anda. Terima kasih sebelumnya.