Sabtu, 30 Juni 2012

Uji Chi-Square Dengan SPSS

Uji Chi-square yang umum dikenal oleh banyak orang adalah pengujian terhadap keterkaitan antara dua buah variabel hasil perhitungan (count data), sehingga dasar pengujian yang digunakan adalah selisih nilai proporsi dari nilai observasi dengan nilai harapan. Ada pula yang mengasosiasikan uji chi-square sebagai pengujian untuk melihat hubungan antara dua buah variabel kualitatif (katagorik). Umumnya keterkaitan antar dua variabel kualitatif secara deskriptif ditampilkan dalam bentuk tabel kontingensi (CrossTabulation). Ada banyak jenis uji selisih proporsi/uji chi-square yang dikemukakan oleh banyak buku dan literatur, setiap jenis pengujian tersebut didasarkan pada asumsi-asumsi tertentu yang harus dipenuhi oleh data yang akan diujikan, berikut beberapa uji proporsi (Chi-square yang umum digunakan):


Uji Pearson Chi-square: 



Uji pearson Chi-square digunakan untuk menguji keterkaitan antar dua variabel katagori dimana asumsinya nilai harapan untuk setiap sel minimal 5 atau lebihy, dengan kata lain data yang terlibat dalam uji Pearson Chi-square harus lah banyak, berikut contoh data yang memenuhi asumsi dari uji Pearson Chi-square: Data dibawah digunakan untuk melihat hubungan antara tipe sekolah dengan gender, apakah ada kecenderungan sekolah swasta lebih banyak murid perempuan jika dibandingkan dengan sekolah negeri.

Data


Prosedur Analisa



Masukan Variabel :



Klik Statistics..

Continue
Kemudian Klik Cells..


Continue
Kemudian Klik OK


OUTPUT



Tabel Kontingensi

Informasi mengenai proporsi jumlah Laki-laki dan Perempuan berdasarkan Katagori Sekolah. Terlihat persentasi/proporsi jumlah LAKI-LAKI di sekolah NEGERI dan SWASTA relatif sama, begitu pula dengan siswa PEREMPUAN..


Uji Chi-Square



Terlihat dari hasil uji Pearson Chi-square di dapat nilai signifikan (p-value) = 0,828 sehingga keputusan yang kita ambil adalah menerima Ho yang berarti bahwa tidak ada perbedaan yang signifikan  proporsi LAKI-LAKI dan PEREMPUAN antara sekolah Negeri dengan sekolah SWASTA.


Dowload File Latihan Klik
Artikel REGRESI LOGISTIK Klik







4 komentar:

Obat Mandul mengatakan...

saya sering berkunjung di blog-blog, postingan ini sangat menarik serta enak dibaca.... saya berharap bisa berkunjung lagi

yusman peppy mengatakan...

misal saya punya data:

1. tipe hubungan pelanggan:
- koordinatif : (pelanggan e,f, dan g)
- kooperatif : (pelanggan a,b,c, dan e)

2. jumlah pasokan ke pelanggan
- pelanggan a : 5
- pelanggan b : 10
- pelanggan c : 15
- pelanggan d : 8
- pelanggan e : 30
- pelanggan f : 20
- pelanggan g : 25

nah dari data diatas saya pengen tahu apakah ada hubungan atau tidak antara jumlah pasokan sama tipe hubungan pelanggan tersebut pake uji analisis chi square.

mohon bantuan

Pelatihan statistik ui mengatakan...

Yth pak Yusman

Jenis data yg bapak miliki merupakan data frekuensi, pertanyaan apakah mau melihat perbedaan pasokan antara kordinatif dengan koperatif atau mau melihat perbedaan antara tipe pelanggannya? namun analisanya tetap dgn Chi-square namun tidak dgn chi-square yg ada dalam makalah ini.

Anonim mengatakan...

SAYA SANGAT TERTARIK UNTUK MENGIKUTI PELATIHAN STATISTIK INI APAKAH SAYA BISA BERKONSULTASI?

Poskan Komentar

Silahkan cantumkan alamat email atau CP anda jika ingin komentar dan tertarik untuk mengikuti pelatihan statistik, agar secepatnya dapat kami jawab pertanyaan anda. Terima kasih sebelumnya.