Jumat, 06 Juli 2012

Uji Validitas & Reliabilitas Dengan SPSS



UJI VALIDITAS 

Suatu instrumen dikatakan valid apabila mampu mengukur apa yang diinginkan. Salah satu uji validitas yang umum dilakukan dengan menggunakan analisa statistik adalah Validitas Internal. Cara ini bertujuan untuk menguji indikator (pertanyaan) yang mengukur sebuah Konstruk Teori (Variabel Laten) memang sudah sesuai. Sebagai contoh apakah untuk mengukur Konstruk variabel Empathy Layanan yg diberikan sebuah Telekomunikasi:
1. Perusahaan telekomonikasi X memberikan perhatian individu kepada para pelanggannya
2. Perusahaan telekomunikasi X memiliki jam layanan yang nyaman bagi pelanggan
3. Perusahaan telekomunikasi X memiliki karyawan yg memberikan perhatihan personal kepada pelanggan
4. Perusahaan telekomunikasi X selalau mengutamakan kepentingan para pelanggan
5. Karyawan perusahaan telekomunikasi X memahami kebutuhan spesifikasi para pelanggannya



Salah satu metode yang digunakan untuk menguji validitas dari pertanyaan-pertanyaan tersebut dengan menggunakan " Corrected Item - Total Correlation". Mekanisme metode ini adalah dengan mengkorelasikan masing-masing skor Item Pertanyaan dengan Total skor seluruh pertanyaan yang sudah dikoreksi. Analisa korelasi yang digunakan adalah Korelasi Pearson. Berikut persamaan dari analisa korelasi pearson.



Dimana :
r  = Nilai korelasi pearson/nilai validitas item ke-i
N = Banyaknya sampel
X = Skor item pertanyaan ke-i
Y = Skor total seluruh item yang terkoreksi

Sebuah item pertanyaan dikatakan valid jika nilai korelasinya lebih besar dari nilai korelasi tabel pada tingkat signifikan, umumnya 5%.



UJI RELIABILITAS

Uji reliabilitas instrumen merujuk pada konsistensi respon yang diberikan pada item pertanyaan yang mengukur sebuah Konstruk Teori. Menurut Sekaran (2006), reliabilitas pengukuran menunjukan sejauh mana pengukuran tersebut tampa bias dan menjamin pengukuran tersebut konsisten linta waktu dan lintas ragam pertanyaan. Pada contoh pengukuran terhadap konstruk variabel Emphaty layanan Perusahaan Telekomunikasi X apakah jawaban responden terhadap 5 pertanyaan yang diajukan konsisten. Untuk menguji konsistensi salah satunya digunakan uji Cronbach Alpha. 


Dimana:











UJI VALIDITAS DAN RELIABILITAS DNGAN SPSS


Sebagai ilustrasi prosed uji validitas dan reliabilitas merujuk pada pengujian validitas terhadap 5 pertanyaan yang digunakan untuk mengukur Konstruk Emphaty pada layanan yang diberikan oleh perusahaan telekomunikasi X. Uji coba dilakukan terhadap 30 orang konsumen untuk melihat valid & reliabilitas 5 pertanyaan tersebut.  Prosedur analisa dengan SPSS sebagai berikut:



PROSEDUR:

Analyze => Scale => Reliability Analysis





















Akan muncul jendela menu seperti di bawah ini.















Masukan semua variabel Q1 sd Q5 ke kotak Items
Pilihan Model tetap di "Alpha"
Klik  Statistics..
Akan muncul jendela seperti dibawah ini


















Centang Scale if Item deleted
Klik Continue
Klik OK



Output














Tabel Item-Total Statistics memberikan informasi mengenai uji VALIDITAS. Untuk mengetahui Item pertanyaan mana saja yang valid dilihat dari nilai korelasi yang terletak pada  kolom Corrected Item-Total Correlation. Kriteria sebuah item pertanyaan dikatakan valid jika nilai KORELASI > KORELASI TABEL yang berada pada TABEL KORELASI PEARSON. Untuk jumlah responden 30, nilai KORELASI TABEL menunjukan angka 0,361.  Terlihat bahwa pertanyaan Q1 sd Q5 memiliki nilai korelasi > 0,361 yang menandakan bahwa pertanyaan Q1 sd Q5 sudah cukup valid.











Tabel diatas menunjukan nilai Cronbach's Alpha yang berfungsi untuk menguji reliabilitas dari 5 pertanyaan yang digunakan untuk mengukur Emphaty. Tidak ada nilai baku secara statistik untuk menentukan kriteria reliabilitas dari alat ukur, namun beberapa praktisi berpendapat bahwa pertanyaan dikatakan valid jika memiliki nilai Cronbach's Alpha > 0,7. Terlihat bahwa hasil perhitungan nilai Cronbach's Alpha mendapatkan nilai 0,805 yang menunjukan bahwa ke- 5 pertanyaan cukup reliabel. Silakan mencoba!



Download File Latihan : Uji Validitas & Reliabilitas





0 komentar:

Posting Komentar

Silahkan cantumkan alamat email atau CP anda jika ingin komentar dan tertarik untuk mengikuti pelatihan statistik, agar secepatnya dapat kami jawab pertanyaan anda. Terima kasih sebelumnya.