Rabu, 25 April 2012

ANALISA KORESPONDENSI

Analisis korespondensi ditemukan dan dikembangkan pertama kali tahun 1960- an oleh Jean-Paul Benzécri dan kawan-kawan di Perancis. Analisis ini merupakan teknik analisa multivariate secara grafik yang digunakan untuk melakukan explorasi data dari sebuah table kontigensi. Dari data yang merupakan table kontigensi kemudian dilakukan proyeksi kedalam grafik berdasarkan data baris dan kolam.

Dari survey umum tentang kebiasaan merokok pada beberapa katagori pegawai.

Data di bawah menunjuk jumlah pegawai yang tergolong dalam katagori perokok tertentu, contohnya SrManager ada 4 orang yang tidak merokok (non), 2 orang yang Light, 3 orang yang Medium dan 2 orang yang tergolong Heavy.


Dengan analisa koresponden ingin dilihat profil merokok setiap katagori pegawai, hasilnya sebagai berikut?


Dari hasil peta analisa korespondensi terlihat bahwa Jr Menager dan Sr Manager tergolong pada katagori Heavy smoking, Untuk Sr Employees tergolong pada None, Scretaries antara None dan Light dan Jr Employees cenderung perokok yang Medium. 








1 komentar:

Wood Moisture Meter mengatakan...

Dapat ilmu baru, terima kasih sharenya. Sangat bermanfaat

Posting Komentar

Silahkan cantumkan alamat email atau CP anda jika ingin komentar dan tertarik untuk mengikuti pelatihan statistik, agar secepatnya dapat kami jawab pertanyaan anda. Terima kasih sebelumnya.