Kamis, 05 April 2012

Uji Mann Whitney



U-Test ini digunakan untuk menguji signifikasni hipotesis komparatif dua sampel independen bila datanya berbentuk ordinal. Test ini merupakan test yang terbaik untuk menguji hipotesis komparatif dua sampel independen bila berbentuk data ordinal. Uji ini juga sering digunakan  untuk menguji hipotesa untuk data yang memiliki skala ukur  interval atau rasio, syaratnya  jika data tersebut tidak memenuhi asumsi KENORMALAN.
Terdapat dua rumus yang digunakan untuk pengujian, yaitu rumus 4.5 dan 4.6, kedua rumus tersebut digunakan dalam perhitungan, karena akan  digunakan untuk mengetahui nilai U mana yang lebih kecil. Nilai U yang lebih kecil tersebut yang digunakan untuk pengujian dan membandingkan dengan U tabel.









  
Contoh :
Dilakukan penelitian untuk mengetahui adakah perbedaan kualitas manajemen antara Bank yang dianggap favorite oleh masyarakat dan Bank yang tidak favorite. Penelitian menggunakan sampel 12 Bank yang dianggap tidak favorite dan 15 Bank yang dianggap favorite. Selanjutnya kedua kelompok Bank tersebut diukur kualitas manajemennya dengan menggunakan sebuah instrumen, yang terdiri dari beberapa butir pertanyaan. Skor penilaian tertinggi 40 dan terendah 0.
Berikut skor untuk penilaian untuk masing-masing Bank:




























 KESIMPULAN
 
Terdapat perbedaan kualitas manajemen yang signifikan antara Bank yang favorite dan tidak favorite. Bank yang favorite kualitas manajemennya sudah lebih baik jika dibandingkan dengan yang tidak favorite


                                 TABEL MANN WHITNEY















0 komentar:

Posting Komentar

Silahkan cantumkan alamat email atau CP anda jika ingin komentar dan tertarik untuk mengikuti pelatihan statistik, agar secepatnya dapat kami jawab pertanyaan anda. Terima kasih sebelumnya.