Kamis, 10 Maret 2011

Uji Kruskall-Wallis

Uji ini digunakan untuk menguji  rata-rata yang melibatkan lebih dari dua kelompok sampel dimana:
1.  Prosedur uji Parametrik (UJI ANOVA) asumsi kenormalan data tidak dipenuhi.
2. Data yang diujikan merupakan data Ordinal
Maka pengujian dilakukan dengan menggunakan prosedur uji NONPARAMETRIK untuk dua kelompok bebas yang paling terkenal adalah UJI KRUSKALL-WALLIS.

Contoh Kasus:
Peneliti ingin menguji apakah ada perbedaan persepsi tentang " Program KB dapat Meningkatkan Kesejakteraan Keluarga" antar kelompok responden yang berpendidikan SD, SMP, SMA dan Perguruan Tinggi.  Disini terlihat bahwa yang diuji merupakan persepsi, dimana persepsi merupakan data Ordinal : "Sangat Tidak Setuju" sampai dengan "Sangat Setuju" dan kelompok responden terbagi dalam 4 katagori pendidikan>


PROSEDUR PENGUJIAN SEBAGAI BERIKUT:

Analyze => Nonparametric Tests =>Legacy Dialog => K Independent Sample






































Akan Muncul Menu Sebagai Berikut :



























Kemudian Klik Define Range

Masukan angka 1 ke Minimum
               angka 2 ke Maximum


















Klik Continue 
Klik OK


OUTPUT ANALYSIS





























Tabel 1 memberikan Informasi mengenai jumlah responden untuk setiap pendidikan, serta informasi mengenai rata-rata nilai Ranking jawaban respondennya. Perlu diketahui bahwa Uji Kruskall Wallis menggunakan prosedur perengkingan dalam menguji data. Nilai MEAN RANK yang semakin besar menandatakan bahwa persepsinya semakin baik. dari data yang persepsinya terterdah adalah pendidikan SD dan persepsinya terbesar adalah pendidikan SMA.

Tabel 2 memberikan Informasi mengenai nilai signifikan pengujian, dari tabel terlihat bahwa nilai Signifikan pengujian 0.015 yang berarti kita menerima H1 (Ada perbedaan persepsi yang signifikan antar kelompok pendidikan). Untuk mengetahui kelompok pendidikan mana yang berbeda dari ke-4 kelompok tersebut digunakan uji MANN WHITNEY.



Download Data Latihan => Klik








0 komentar:

Posting Komentar

Silahkan cantumkan alamat email atau CP anda jika ingin komentar dan tertarik untuk mengikuti pelatihan statistik, agar secepatnya dapat kami jawab pertanyaan anda. Terima kasih sebelumnya.