Jumat, 11 Februari 2011

PROSEDUR PENGUJIAN STATISTIK

 
Secara umum dalam melakukan pengujian statistik ada beberapa langkah/tahapan yang harus dilalui. Tahapan/langkah dalam melakukan pengujian statistik adalah sebagai berikut :

A. Menentukan Hipotesa
Terdapat dua jenis hipotesa yakni hipotesa awal ( Ho )dan hipotesa alternative ( H1). Secara matematik, hipotesa awal Ho merupakan hipotesa yang berhubungan dengan persamaa ( = / sama dengan). Sedang hipotesa alternative merupakan bentuk hipotesa yang berhubungan dengan pertidak samaan ( ≠, ‹ , › ). Contoh misalkan ingin diuji apakah terdapat perbedaan rata-rata tinggi badan antara pria dan wanita. Maka bunyi masing-masing hipotesa, Ho : Tinggi Pria = Tinggi Wanita ( Ц1 = Ц2 ). H1 : Tinggi Pria ≠ Tinggi Wanita ( Ц1 ≠ Ц2 )

B. Menentukan alat uji
Alat uji dalam statistik berkaitan dengan distribusi yang dimiliki oleh data. Contoh alat uji yang sering digunakan yakni t-test , F-test , Chi-square dll .

C. Menentukan tingkat kepercayaan / taraf nyata
Dalam pengujian hipotesis dikenal dua jenis kesalahan yaitu kesalahan jenis I ( type I error ) dan kesalahan jenis II ( type II error ). Kesalahan jenis I kesalahan menolak Ho padahal Ho benar, kesalah type II adalah kesalahan yang terjadi akibat menerima Ho padahal H1 benar. Peluang terjadinya kesalah type I dilambangkan dengan α (alpha) yang sering disebut taraf nyata. Dalam pengujian statistik yang umum kita lakukan, khususnya dalam menyimpulkan hasil pengujian adalah pengggunaan kesalahan type I . Nilai alpha yang digunakan umumnya sebesar 5%. Jika kita menggunakan nilai Alpha 5% berarti tingkat kepercayaan (Confident Interval) dari keputusan yang diambil Ho benar sebesar 95%.

D. Menentukan aturan keputusan
Aturan keputusan yang digunakan bersifat umum untuk seluruh jenis pengujian statistik, misal nilai Alpha yang digunakan dalam pengujian sebesar 5%, maka aturan keputusan yang diambil sebagai berikut:
  • Alpha hitung / output ≥ Alpha ( 0.05 ) =>Terima Ho
  • Alpha hitung / output < alpha ( 0.05) => Tolah Ho



4 komentar:

Dea mengatakan...

duh njimet ya... pdhal dk waktu kuliah g terasa susahnya... :)

Bisnismu mengatakan...

Walah...koq jadi susah yach :D
secara kita kul dulu dapaet C tuh statistik...hehehehe

Anonim mengatakan...

wah penting nih......pas bgt gw gy penelitian....thanx sob, tapi menurut gw yg susah dari penelitian tuh nyari variabel nya.....coba deh posting tips2 menentukan variabel

Anonim mengatakan...

statistik mudah dibuat sulit statistik sulit tidak bisa mengerjakan.... kata pa guru

Posting Komentar

Silahkan cantumkan alamat email atau CP anda jika ingin komentar dan tertarik untuk mengikuti pelatihan statistik, agar secepatnya dapat kami jawab pertanyaan anda. Terima kasih sebelumnya.