Rabu, 06 Juni 2012

Uji Kruskal-Wallis Dengan SPSS

Ketika dalam melakukan pengujian rata-rata untuk lebih dari dua kelompok sample yang independent dengan prosedur PARAMETRIK (Uji One-Way ANOVA) banyak ada asumsi yang dilanggar, maka pengujian dilanjutkan dengan prosedur uji NONPARAMETRIK. Uji rata-rata dengan prosedur NONPARAMETRIK untuk lebih dari dua kelompok bebas yang paling sering digunakan adalah uji KRUSKAL-WALLIS. 

Contoh Kasus:

Sebuah survey menanyakan kepada kepala rumah tangga tentang pendapat responden " Bahwa program KB mampu meningkatkan kesejakteraan keluarga?. Pilihan jawaban responden dari "Sangat Tdk Setuju" sampai dengan "Sangat Setuju". Peneliti ingin melihat apakah ada perbedaan pendapat antar responden yang didasarkan pada PENDIDIKAN RESPONDEN (SD hingga Perguruasn Tinggi).


Prosedur Uji

  • Analyze => Nonparametric Test => Legacy Dialogs => K Independent Sanple ..
 
























Akan muncul Kotak Dialog Berikut





Pada Gouping Variable Klik Define Range
Masukan angka : Minimum = 1 dan Maximum= 4 (Merupakan kode pendidikan SD=1 & PT=4)







Tabel 1 menunjukan nilai Rata-rata dari perangkingan terhadap jawaban responden, terlihat bahwa SD nilai MEAN RANK terendah (menandakan pendapat responden yang pendidikan SD paling rendah) dan MEAN RANK pendidikan SMA tertinggi (menandakan pendapat responden yang pendidikan SMA paling tinggi)































Pada Tabel 2 , Nilai Asymp. Sig 0.015 yang berarti kita menerima H1 yang berarti bahwa ada perbedaan rata-rata pendapat mengenai  program KB mampu meningkatkan kesejakteraan keluarga antar kelompok responden yang didasarkan pada PENDIDIKAN. Untuk menguji antar pendidikan mana yang berpeda gunakan UJI MAN WHITNEY



Download File Latihan Klik






0 komentar:

Poskan Komentar

Silahkan cantumkan alamat email atau CP anda jika ingin komentar dan tertarik untuk mengikuti pelatihan statistik, agar secepatnya dapat kami jawab pertanyaan anda. Terima kasih sebelumnya.