Analisis
faktor mencoba mengkaji hubungan internal dari sejumlah variabel-variabel.
Variabel-variabel yang erat hubungannya akan bergabung membentuk sebuah faktor
dimana setiap faktor yang terbentuk menggambarkan ciri dari variabel
pembentuknya. Analisa Faktor juga sering disebut sebagai analisa pereduksi
variabel. Variabel-variabel yang jumlahnya banyak akan mengelompok menjadi
kelompok variabel yang tentunya jumlahnya akan lebih sedikit dari jumlah
variabel asalnya. Ada dua tujuan dari analisa faktor, yaitu:
- Untuk melihat pola keterkaitan antar variabel
Tujaun ini mencoba mengintisarikan dari sekelompok variabel untuk
mencari ciri-ciri umum dari sekelompok variabel. Dalam riset pemasaran,
kegunaan ini banyak digunakan untuk melihat karakteristik customer mengenai
sebuah indikator yang diteliti. Contoh ingin mengindentifikasi motivasi/keinginan seseorang dalam membeli
sebuah produk tertentu.
- Untuk mereduksi variabel
Mereduksi variabel berarti
memperkecil jumlah variabel dari variabel sebelumnya, artinya hasil dari
analisa ini adalah mengkompres variabel yang jumlahnya banyak menjadi variabel
baru yang jumlahnya sedikit. Umumnya
tujuan pereduksian data ini hanya sebagai analisa perantara sebelum dilanjutkan
keanalisa berikutnya, contohnya cluster, regresi dll.
Contoh Aplikasi :
Kepada 32 orang ditanyakan 6 alasan mereka membeli
sebuah produk HP. 6 alasan tersebut adalah:
1. Harga
2. Ases internet
3. Fitur
menarik
4. User
Friendly
5. Warna
6. Merek
Dengan analisa Faktor ingin diketahui motivasi umum dari 32
orang yang menjadi responden dalam membeli sebuah produk HP
Kesimpulan hasil analisa dapat dilihat dalam tabel berikut :
(Silakan Klik)
(Silakan Klik)
1 komentar:
bagaimana caranya untuk dilanjutkan ke regresi
Posting Komentar
Silahkan cantumkan alamat email atau CP anda jika ingin komentar dan tertarik untuk mengikuti pelatihan statistik, agar secepatnya dapat kami jawab pertanyaan anda. Terima kasih sebelumnya.