Analisis cluster merupakan teknik multivariat yang
mempunyai tujuan utama untuk mengelompokkan objek-objek/cases berdasarkan
karakteristik yang dimilikinya. Analisis cluster mengklasifikasi objek sehingga
setiap objek yang memiliki sifat yang mirip (paling dekat kesamaannya) akan mengelompok kedalam satu
cluster (kelompok) yang sama. Cluster-cluster yang terbentuk memiliki
homogenitas internal yang tinggi dan heterogenitas eksternal yang tinggi. Pemilihan
indikator yang menjadi dasar pengelompokan objek ditentukan oleh peneliti, yang
tentunya mempertimbangkan kaedah logis dan keilmuan yang ada. Indikator/set
variabel cluster adalah suatu set variabel/indikator yang merpresentasikan
karakteristik yang dipakai objek-objek.
Solusi analisis cluster bersifat
tidak unik, anggota cluster untuk tiap penyelesaian/solusi tergantung pada
beberapa elemen prosedur dan beberapa solusi yang berbeda dapat diperoleh
dengan mengubah satu elemen atau lebih. Solusi cluster secara keseluruhan bergantung
pada variabel-variaabel yang digunakan sebagai dasar untuk menilai kesamaan.
Penambahan atau pengurangan variabel-variabel yang relevan dapat mempengaruhi
substansi hasi analisisi cluster.
Data penjualan 157 mobil yang berasal dari berbagai tipe dan
merek mobil. Ingin diklasifikasikan 157 mobil yang terjual berdasarkanan
Variable Engine Size, Horsepower, Wheelbase, Width, Length, Curb weight, Fuel
capacity dan Fuel efficiency
Dengan analisa cluster ingin diketahui :
- Jika dikelompokan kedalam dua katagori, bagai mana ciri-ciri mobil yang termasuk katagori I dan juga ciri-ciri mobil yang termasuk katagori II.
- Berapa mobil yang masuk kedalam katagori I dan juga mobil yang masuk dalam katagori II.
- Dari data, mobil mana saja yang masuk dalam katagori I dan yang masuk dalam katagori II.
0 komentar:
Posting Komentar
Silahkan cantumkan alamat email atau CP anda jika ingin komentar dan tertarik untuk mengikuti pelatihan statistik, agar secepatnya dapat kami jawab pertanyaan anda. Terima kasih sebelumnya.