Sabtu, 28 Februari 2015

Hitung Sampel Studi Cases Control


Untuk perhitungan sampel studi Case-Control digunakan untuk menghitung nilai Odd Rasio diperlukan beberapa informasi awal, diantaranya adalah perkiraan nilai Odd Rasio (OR) yang dihipotesiskan, Interval Kepercayaan penelitian yang diingin (misal 95%), proporsi kejadian (even) pada kelompok beresiko diketahui atau jika tidak proporsi kejadian (even) pada kelompok tidak beresiko (kontrol) diketahui, dan margin of error yang ditetapkan. 


 Contoh Kasus
Ingin dilakukan studi mengenai wabah penyakit kolera yang diduga disebabkan oleh penggunaan air yang tercemar disebuah wilayah. Dari data diperoleh informasi bahwa ada sebanyak 30% populasi penduduk di wilayah tersebut menggunakan air yang tercemat. Sebuah studi Cases-Control dilakukan melihat pengaruh kejadian kolera dengan penggunaan air yang tercemar untuk memprediksi nilai Odd Rasio (OR) dengan Margin of Error (relative presision) sebesar 25%, dimana nilai OR-nya diprediksi sekitar 2 dan Interval Keyakinan 95%. Berapa jumlah sampel minimal yang harus diambil pada kelompok orang yang terkena kolera pada wilayah tersebut dan juga kelompok orang yang tidak terkena kolera? 




Pada kasus ini informasi yang diketahui untuk menghitung jumlah sampel sebagai berikut: Probabilitas penduduk yang menggunakan air tercemar dan tidak terkena kolera sebesar P2*=30% Probabilitas penduduk yang menggunakan air tercemar dan terkena kolera tidak diketahui P1*= ? Nilai OR diperkirakan sebesar 2 Confident Level 95% sehingga Z(1-α/2)=1.96
Margin of Error, ε = 25%

Untuk menghitung P1* digunakan rumus berikut:








diperoleh nilai P1* = 46.15%

Formula hitung sampel yang digunakan





Dengan menggunakan formula diperoleh besar sampel yang harus diambil 408, artinya sampel yang harus diambil untuk orang yang terkena kolera sebanyak 408 orang dan yang tidak terkena kolera sebanyak 408 orang, kemudian diteliti apakah benar air yang tercemar yang sebagai penyebab kasus kolera araukah factor yang lainnya













0 komentar:

Posting Komentar

Silahkan cantumkan alamat email atau CP anda jika ingin komentar dan tertarik untuk mengikuti pelatihan statistik, agar secepatnya dapat kami jawab pertanyaan anda. Terima kasih sebelumnya.