Kamis, 20 Juni 2013

Pelatihan Statistik dengan STATA - Universitas Indonesia

Program STATA merupakan salah satu program aplikasi statistik yang banyak digunakan dewasa ini. Buku-buku referensi terbaru dari berbagai bidang ilmu banyak menggunakan program STATA dalam membahas tema statistik yang menyertainya. Kelebihan dari program STATA dibandingkan program statistik lain diantaranya KELENGKAPAN ANALISA STATISTIK yang disediakan serta kemudahan dalam pengoperasian khususnya dalam penggunaan Sintax yang sangat sederhana. Kemampuan dari program STATA diantaranya untuk melakukan manajemen data, analisa statistik, pembuatan grafik, melakukan analisa simulasi dan custom programming.  Bidang yang banyak menggunakan program STATA diantaranya Ekonomi,  Sosiologi, Politik, Epidiomologi dan Biomedik. STATA menjadi salah satu referensi program Statistik diberbagai lembaga dunia seperti WHO, Word Bank, USAID dll.
Pelatihan ini membahas mengenai penggunaan software STATA untuk melakukan berbagai analisa STATISTIK secara Komprehensif, mulai dari cara Input Data, Import dan Export Data, Menejemen Data, Melakukan Analisa dan Membaca Output Analisa.  Tidak lupa berbagai teori Statistik akan banyak dibahas, namun dengan pendekatan studi kasus sehingga akan sangat mudah dipahami oleh para peserta.


Target Pelatihan :
  1. Peserta memahami berbagai metode analisa statistik. 
  2. Peserta memahami langkah-langkah pengujian statistik (termasuk pemahaman terhadap tingkat signifikan dan perhitungan nilai confidence interval)
  3. Peserta memahami prosedur pengujian statistik serta memilih prosedur uji statistik yang tepat yang didasarkan pada sifat data yang dimiliki.
  4. Memahami asumsi-asumsi dalam pengujian statistik.
  5. Peserta mampu mengoperasikan program STATA untuk proses manajemen data, pembuatan grafik dan tabel.
  6. Peserta mampu mengaplikasikan berbagai teori statistik yang dipelajari dalam program STATA 

Lama Pelatihan :
2 hari, @ 375 menit

Biaya Pelatihan    :
Mahasiswa & Dosen           : Rp 2.000.000,-
Umum & Profesional           : Rp 2.700.000,-


Referensi :
  • Walpole, R .E.  and R. H. Myer. 1989. Probability and statistics for engineers and scientists. Fourth edition. Macmillan Publising Co, Inc
  • Thomas P. Ryan. 1997. Modern Regression Methodes. John Wiley & Sons, Inc
  • Levin, R. I. and D. S. Rubin. 1994. Statistics For Management.  Prentice-Hall, Inc
  • Hamilton, Lawrence C.  2003. Statistics With Stata. Thomson Learning

Sylabus :




6 komentar:

Sri Indah Nikensari mengatakan...

Selamat siang,
Mau tanya, apakah STATA dapat digunakan utk menganalisa data panel tapi menggunakan persamaan simultan?
trmks

si.nikensari@gmail.com

Unknown mengatakan...

kapan pelatihan ini dibuka ya? apa ada utk bulan desember?

lisbetzeanett@gmail.com

Baju Pesta Muslim mengatakan...

Apakah sudah ada jadwal kegiatan untuk tahun 2014? Saya tertarik untuk ikut tp rencana tahun 2014, salam

Unknown mengatakan...

saya ingin ikut pelatihan stata pertengahan (juni-agustus) tahun 2014 (keterbatasan dana)...mudah2an bisa diinformasikan kepada saya via emai anggundjati@gmail.com
terimakasih

Unknown mengatakan...

menambahkan .. agar sertifikatnya nanti bisa sekalian dihitung sebagai angka kredit (minimal 0.5), bisakah dilaksanakan 3 hari?

dadan mulyana mengatakan...

Halo, saya tertarik mengikuti pelatihan ini, apakah ada jadwal lagi setelah 28 29 mei 2015 ini? silahkan menghubungi saya di dmulyana@ibufoundation.or.id

terimakasih

Posting Komentar

Silahkan cantumkan alamat email atau CP anda jika ingin komentar dan tertarik untuk mengikuti pelatihan statistik, agar secepatnya dapat kami jawab pertanyaan anda. Terima kasih sebelumnya.