Selasa, 22 Mei 2012

Pelatihan Design of Experiment


Design of Experiments


      Perancangan percobaan (Design of Experiments) merupakan salah satu kajian dalam bidang statistik yang membicarakan tentang pengacakan perlakuan serta berbagai analisa untuk meilihat pengaruh dari berbagai perlakuan (treatment) yang diberikan. Bagaimana data dikumpulan akan menjadi bagian yang penting dalam Rancangan Percobaan. Perancangan percobaan dapat dikatakan sebagai "jembatan" bagi peneliti untuk bergerak dari hipotesis menuju pada eksperimen agar memberikan hasil yang valid secara ilmiah. Dengan demikian, perancangan percobaan dapat dikatakan sebagai salah satu instrumen dalam metode ilmiah. Kajian dalam Perancangan perocobaan mengarahkan kita untuk mendapatkan pemilihan input yang optimum dari sebuah proses yang akan dijalankan
     Aplikasi perancangan percobaan sangatlah luas, di dunia industry rancangan percobaan banyak digunakan untuk mendisain sebuah produk dan mendapatkan settingan parameter  produksi yang Optimal. Di dunia akademis perancangan percobaan diaplikasikan dalam praktek-praktek yang berhubungan dengan kegiatan  Labolaturium.  Berbagai perlakuan, treatmen diberikan lalu dilihat pengaruh dari perlakukan tersebut, sekaligus kita mencoba meminimalisir pengaruh dari factor lingkungan (diluar perlakuan) yang dapat mengganggu respon dari perlakuan.
     Pelatihan rancangan percobaan (Design of Experiments) akan banyak menekankan pada filosofi dari rancangan percobaan serta ilmu statistic yang terkait, disertai dengan aplikasi penggunaan software statistic yang akan memberikan pemahaman yang mendasar mengenai prinsip-prinsip perancangan percobaan. Berbagai contoh kasus dari bidang industry maupun penelitian labolaturium akan menjadi bahan latihan dalam pelatihan ini yang akan mempermudah pemahaman peserta terhadap materi yang diberikan.

TUJUAN
  1.  Mengetahui prisip-prisip rancangan percobaan
  2. Memahami beberapa jenis rancangan perlakuan dan rancangan lingkungan
  3. Memahami berbagai analisa statistic yang berhubungan dengan rancangan percobaan.
  4. Secara mandiri mampu merancang sebuah percobaan yang didasarkan pada tujuan percobaan serta analisa statistik yang digunakan
  5. Mampu mengaplikasikan perancangan percobaan dalam software statistik

TARGET PELATIHAN
  • Departemen QC & QA . Product Development, Dosen & Mahasiswa, Penyuluh Pertanian & Peneliti
 REFERENSI BUKU
  • Douglas C. Montgomery.  2001. DESIGN AND ANALISIS OF EXPERIMENTS,  John Wiley & Sons, Inc.
  • A. A. Mattjik & I. M. Sumertajaya. 2006. PERANCANGAN PERCOBAAN DENGAN APLIKASI SAS & MINIITAB, IPB PRESS
LAMA PELATIHAN

2 hari  @ 6 jam


BIAYA
Mahasiswa & Dosen    Rp 1.800.000,-
Profesional & Umum    Rp 2.500.000,-



Diskon Biaya Pelatihan;

Pendaftaran 3 orang peserta diskon 10%


SYLABUS PELATIHAN



2 komentar:

marvine mengatakan...

terimakasih atas informasinya.
Salam.
Statistik

Anonim mengatakan...

Mohon informasi pelatihan DoE ini kapan diadakannya ya?
terimakasih.

salam,
-koko-

Posting Komentar

Silahkan cantumkan alamat email atau CP anda jika ingin komentar dan tertarik untuk mengikuti pelatihan statistik, agar secepatnya dapat kami jawab pertanyaan anda. Terima kasih sebelumnya.