Seorang konsumen dalam membuat keputusan mengkonsumsi suatu barang/jasa yang dipilih sangat dipengaruhi oleh banyak faktor. Masing-masing faktor dapat berkontribusi saling menguatkan atau saling melemahkan dan bahkan tidak saling berpengaruh satu dengan yang lainnya dalam mempengaruhi keputusan konsumen. Hal ini yang menjadikan keputusan yang dibuat oleh seorang konsumen menjadi sangat tidak pasti sehingga diperlukan sebuah alat analisa yang tepat guna membantu kita memahami faktor-faktor utama yang mempengaruhi keputusan seorang konsumen. Mempelajari bagaimana konsumen membuat keputusan dalam mengkonsumsi barang/jasa merupakan bahasan dalam prilaku pasar. Pemahaman terhadap alat analisa yang biasa digunakan dalam mengindentifikasikan perilaku pasar dan bagaimana membuat alat ukur dari alat analisa tersebut menjadi tema yang akan dibahas dalam pelatihan ini.
Tujuan Pelatihan :
- Peserta mengetahui jenis data dan pengskalaan yang digunakan dalam riset pemasaran
- Peserta megetahui latar belakang dan tujuan beberapa alat analisa yg biasa digunakan dalam riset pemasaran
- Peserta mampu mengembangkan alat ukur yang digunakan dalam alat analisa yang dipelajari
- Peserta memahami beberapa alat analisa yg biasa digunakan dalam riset pemasaran
- Peserta mampu mengaplikasikan alat analisa yang dipelajari kedalam software statistik SPSS/PASW
- Peserta mampu menginterpretasikan hasil analisa yang diperoleh
Lama Pelatihan :
2 hari, @ 8 Jam
Referensi :
Johnson, R. D. & D. W. Wichern. 2002. Applied Multivariate Statistical Analysis, fifth Edition. Prentice Hall.
Subhash Sharma. 1996. Applied Multivariate Techniques. John Wiley & Sons, Inc
Thomas P. Ryan. 1997. Modern Regression Methodes. John Wiley & Sons, Inc
Biaya Pelatihan:
Profesional : Rp 5.000.000,-
Sylabus :
No.
|
MATERI PELATIHAN
|
A.
|
Alat Ukur dan Penskalaan
|
01.
|
Skala pengukuran
|
02.
|
Klasifikasi teknik
pengskalaan
|
B.
|
Analisa Cluster
|
01.
|
Tujuan analisa cluster
|
02.
|
Metode-metode dalam
analisa cluster
|
03.
|
Pengukuran jarak antar
objek
|
04.
|
Hyrarcical Cluster
|
05.
|
K-Mean Cluster
|
06.
|
Alat ukur analisa cluster
|
07.
|
Prosedur analisa dan
Interpretasi hasil
|
C.
|
Analisa Faktor
|
01.
|
Tujuan analisa faktor
|
02.
|
Dasar penggunaan analisa
faktor
|
03.
|
Analisa Faktor
Confirmatory vs Explaratory
|
04.
|
Metode Extrasi
|
05.
|
Metode Rotasi
|
06.
|
Tahapan analisa faktor
|
07.
|
Prosedur analisa dan
Interpretasi hasil
|
D.
|
Conjoint Analysis
|
01.
|
Tujuan analisa conjoint
|
02.
|
Analisa tingkat
kepentingan
|
03.
|
Tahapan dalam melakukan
analisa conjoint
|
04.
|
Ortogonalitas dan Alat
ukur analisa conjoint
|
05.
|
Prosedur analisa dan Interpretasi
hasil analisa
|
E.
|
Analisa Korespondensi
|
01.
|
Tujuan analisa korespondensi
|
02.
|
Jenis data yang digunakan
dalam analisa korespondensi
|
03.
|
Alat ukur analisa
korespondensi
|
04.
|
Contingensi Table
|
05.
|
Prosedur analisa dan
Interpretasi hasil
|
F.
|
Analisa Biplot
|
01.
|
Tujuan analisa biplot
|
02.
|
Jenis data yang digunakan dalam
analisa biplot
|
03.
|
Alat ukur analisa biplot
|
04.
|
Prosedur analisa dan Interpretasi
hasil
|
G.
|
Multidimensonaling Scalling (MDS)
|
01.
|
Tujuan analisa MDS
|
02.
|
Jenis data yang digunakan
dalam analisa MDS
|
03.
|
Alat ukur analisa MDS
|
04.
|
Prosedur analisa dan
intepretasi hasil
|
0 komentar:
Posting Komentar
Silahkan cantumkan alamat email atau CP anda jika ingin komentar dan tertarik untuk mengikuti pelatihan statistik, agar secepatnya dapat kami jawab pertanyaan anda. Terima kasih sebelumnya.